Kenali Dulu 4 Proses Pemeriksaan Fisik Jantung sebelum Intervensi Kardiologi

Sebelum Melakukan Intervensi Kardiologi, Kenali Dulu 4 Proses Pemeriksaan Fisik Jantung

Kardiologi merupakan salah satu cabang dari kedokteran yang dimana mempelajari tentang kelainan yang terjadi dalam sistem kardiovaskular. Hal tersebut bisa mulai dari jantung, pembuluh nadi hingga pembuluh darah. Sebelum melakukan intervensi kardiologi, sebaiknya anda mengenali terlebih dahulu bagaimana proses pemeriksaan fisik jantung.

Beberapa Proses Pemeriksaan Fisik Dari Jantung yang Perlu Anda Tahu

  1. Perkusi

Untuk pemeriksaan yang pertama dikenal dengan perkusi. Dalam pemeriksaan fisik jantung satu ini, akan dilakukan dengan cara yakni mengetuk permukaan dada menggunakan jari tangan. Nantinya bunyi ketukan tangan  yang dihasilkan tersebut akan mampu digunakan sebagai indikator dari kondisi jantung dan juga organ yang ada d sekitarnya, seperti paru paru.

  1. Palpasi

Selanjutnya, anda pun juga akan mengenal palpasi yang mana merupakan salah satu jenis proses pemeriksaan fisik jantung yang berguna untuk mengetahui kinerja dan juga kondisi dari jantung. Pemeriksaan satu ini juga akan berfungsi untuk mendeteksi adanya kelainan yang terjadi pada jantung.

 

Baca Juga : 

Heartology Cardiovascular Center

Daftar Dokter Spesialis Jantung Heartology

 

  1. Inspeksi

Salah satu pemeriksaan fisik jantung yang sederhana adalah inspeksi. Sering dikenal dengan pemeriksaan visual sederhana, proses satu ini dilakukan untuk menilai kondisi jantung anda. Dimana dengan memperhatikan dari bentuk maupun kondisi dada anda. Tak hanya itu saja, pemeriksaan satu ini juga akan memeriksa bagian pembuluh darah yang ada di leher.

 

  1. Auskultasi

Metode selanjutnya yang dilakukan untuk proses pemeriksaan jantung adalah auskultasi. Pemeriksaan ini dilakukan dengan menggunakan alat stetoskop yang mana bertujuan untuk mendengarkan bunyi jantung dari pasien. Kemudian, nantinya dokter akan menilai apakah bunyi tersebut normal atau terdapat kelainan di dalam jantung anda.

Beberapa tim dokter spesialis di Heartology memiliki berbagai keahlian salah satu diantaranya adalah keahlian di bidang intervensi kardiologi. Salah satu tim dokternya adalah dr. Denio Adrianus Ridjab, Sp.JP (K) yang merupakan dokter jantung sub spesialisasi intervensi kardiologi yang kini berpraktek di Heartology.

Beliau memiliki beberapa keahlian khusus diantaranya Kardiologi umum dan kardiologi intervensi, Pencegahan penyakit jantung, Kardiologi olahraga, Penyakit jantung valvular, Gagal Jantung dan kardiomiopati

 


Citra Putri

9 Blog posts

Comments